Abstrak
ABSTRAK Judul : Persaingan Antar Media Radio Swasta Di Jakarta (Analisis Niche Terhadap Pendengar GEN FM dan Prambors FM Jakarta) Nama : Annisa Priyandita NIM : 0706015012 Program Studi : Ilmu Komunikasi Peminatan : Penyiaran Halaman : 81 + x halaman + 5 tabel + 10 lampiran + 32 bibliografi Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini telah memposisikan peran media massa semakin strategis dalam memperebutkan khalayak. Hal ini ditandai dengan banyak bermunculan radio-radio swasta di Jakarta. Ada radio besar yang mendominasi persaingan bisnis dan berekspektasi terhadap pendengar muda yaitu Prambors, I-Radio, Gen FM, Trax FM, Global Radio, dan Mustang FM. Tentu saja semakin bertambahnya pesaing, semakin ketat dalam memperebutkan khalayak. Penelitian ini menggunakan teori Niche untuk mengukur persaingan yang terjadi antara kedua radio yakni Gen FM dan Prambors FM dalam memperebutkan khalayaknya. Teori utama dalam penelitian ini menggunakan teori Ekologi Media McLuhan yang menjelaskan tentang hubungan timbal balik antara media dengan khalayaknya. Tentu saja dalam prosesnya akan menimbulkan kompetisi tersendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dari analisis teori Niche untuk menggambarkan tingkat persaingan diantara kedua radio tersebut. Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian deskriptif. Survei deskriptif menjadi metode dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan rumus Levins dalam teori Niche. Berdasarkan hasil penghitungan Niche Breadth Gen FM, radio ini memiliki sifat generalis, artinya radio ini menggantungkan hidupnya dari berbagai sumber penunjang, yaitu kalangan atas (A), menengah ke atas (B), dan menengah ke bawah (C). Hasil penghitungan Niche Breadth Prambors FM menunjukkan radio ini cenderung memiliki sifat spesialis, artinya radio ini menggantungkan hidupnya dari satu atau dua sumber penunjang saja. Hasil perhitungan dari Niche Overlap antara kedua radio swasta tersebut dihasilkan tingkat persaingan diantara keduanya relatif tinggi. Diharapkan nantinya penggunaan teori Niche dapat dikombinasikan dengan teori lain yang relevan dan dapat mengembangkan pendekatan kuantitatif dalam analisis teori Niche secara matang dan sempurna. Melihat ketatnya persaingan antar radio swsta dalam memperebutkan khalayaknya, maka pengelola radio swasta sebaiknya dapat lebih fokus dalam menentukan target audiennya serta memiliki konsep yang lebih inovatif dan variatif agar audiens yang dituju dapat tercapai.