Abstrak
ABSTRAK Judul : Persepsi Remaja RW 09 Kebayoran Lama Utara Jakarta Selatan Terhadap Iklan BSI Versi Barack Obama (kuliah BSI aja) di Televisi Nama : Fandy Aziz Azhar NIM : 0606017006 Program Studi : Ilmu Komunikasi Peminatan : Periklanan Halaman : 118 + xviii halaman + 40 tabel + 11 lampiran + 1 riwayat hidup Iklan BSI versi Barack Obama (kuliah BSI aja) di televisi merupakan salah satu iklan yang mempromosikan kampus BSI kepada khalayak dengan tokoh yang mirip dengan Barack Obama, untuk itu peneliti mencoba mengambil judul tersebut dengan sasaran khalayak remaja lulusan SMU, apakah menghasilkan persepsi yang positif hingga menimbulkan ketertarikan serta menyukai iklan tersebut atau tidak. Istilah ?Cognitive? berasal dari kata cognition artinya adalah pengertian, mengerti. Pengertian yang luasnya cognition (kognisi) adalah perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan. Individual Differences adalah teori yang menelaah perbedaan-perbedaan di antara individu-individu sebagai sasaran media massa ketika mereka diterpa sehingga menimbulkan efek tertentu. Hal-hal yang dapat menyebabkan perbedaan persepsi antar individu dan antar kelompok adalah sebagai berikut : perhatian, set, kebutuhan, sistem nilai, tipe kepribadian, dan gangguan jiwa. Asumsi dasar teori kategori sosial adalah sosiologi yang berhubungan dengan kemajemukan masyarakat modern dimana dinyatakan bahwa masyarakat yang memiliki sifat-sifat tertentu yang sama akan membentuk sikap yang sama dalam mengahadapi rangsangan tertentu. Pendekatan kuantitatif adalah sebuah riset yang menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat generalisasikan, tidak terlalu mementingkan data atau analisis, yang paling utama adalah hasil riset dapat dianggap merupakan representasi dari seluruh populasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Jenis riset ini bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu. Pada hasil analisis tabel persepsi pada iklan BSI versi Barack Obama (kuliah BSI aja) di televisi, hasil analisis perbedaan jenis kelamin responden terhadap iklan BSI versi Barack Obama (kuliah BSI aja) di televisi menyatakan tidak adanya perbedaan persepsi dikarenakan iklan BSI versi Barack Obama (kuliah BSI aja) di televisi iklannya sederhana dan pesan yang disampaikan mudah dipahami. Pada hasil analisis tabel dapat disimpulkan bahwa persepsi pada iklan BSI versi Barack Obama (kuliah BSI aja) di televisi, bahwa sebagian besar persepsi dari responden yaitu remaja RW 09 Kebayoran Lama Utara Jakarta Selatan adalah tinggi. Responden memperhatikan iklan BSI versi Barack Obama (kuliah BSI aja) di televisi.