Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil penguasaan konsep IPA Biologi dengan keterampilan proses sains (KPS) siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Cipondoh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Cipondoh kelas VIII yang dilaksanakan pada bulan Oktober. Sampelnya adalah siswa MTs Negeri Cipondoh kelas VIII yang berjumlah 30 siwa. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif yang dibuat oleh peneliti. Untuk soal penguasaan konsep IPA Biologi dan KPS masing-masing berjumlah 30 soal yang digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara hasil penguasaan konsep IPA Biologi dengan keterampilan proses sains di Madrasah Tsanawiyah Negeri Cipondoh tergolong kurang, terlihat dari tingkat keeratan hubungan antara penguasaan konsep IPA Biologi dengan Keterampilan Proses Sains (KPS) yang tergambar dari harga r = 0,02. ii