Abstrak
ABSTRAKSI Nama : Muhammad Ulpiarnis Nim : 0606015095 Program Studi : Ilmu Komunikasi Konsentrasi : Penyiaran Judul : Persepsi Mahasiswa FISIP UHAMKA Terhadap Film My Name Is Khan. Halaman : 118 + xv halaman + 49 tabel + 2 gambar + 9 lampiran Film merupakan salah satu media massa dari komunikasi massa, maka peran dan fungsi film sendiri sama dengan peran dan fungsi dari komunikasi massa, yaitu dapat digunakan sebagai sarana penyebaran informasi mengenai kejadian-kejadian dalam lingkungan, baik di luar maupun di dalam masyarakat. Salah satu film yang mengangkat cerita toleransi antar beragama yaitu film My Name Is Khan dimana film ini menimbulkan suatu persepsi terhadap para penontonnya. Maka yang di maksud dengan persepsi itu adalah suatu proses perhatian, penerimaan, pemaknaan seseorang terhadap stimuli ke dalam suatu gambaran dunia yang berarti. Dalam penelitian ini yang menjadi obyek persepsi adalah mahasiswa FISIP UHAMKA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persepsi, teori perbedaan individual, teori kategori sosial, teori perbedaan persepsi. Dalam penelitian ini yang diteliti adalah persepsi mahasiswa FISIP UHAMKA terhadap Film My Name Is Khan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik proporsional cluster randam sampling dimana populasi yang berada di daerah besar dibagi dalam area yang lebih kecil yang jelas batas-batasnya. Dari hasil penghitungan instrumen terdapat perbedaan persepsi anggota IMM aktif FISIP UHAMKA dengan anggota IMM non aktif FISIP UHAMKA signifikan pada 0,039. Dengan perbedaan mean responden anggota IMM aktif sebesar 155,99, dan mean responden anggota IMM non aktif sebesar 154,23. Film My Name Is Khan dipersepsi positif baik oleh mahasiswa anggota IMM aktif maupun mahasiswa IMM non aktif. Hasil penghitungan nilai uji beda diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,039 yang lebih kecil dari pada nilai signifikansi penelitian sebesar 0,05. Jadi hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis Ha (Ha) diterima.