Abstrak
ABSTRAKSI
Fokus studi ini adalah pengaruh hukuman di sekolah terhadap motivasi
belajar siswa. Studi ini bermaksud untuk mengetahui secara rinci apakah ada
pengaruh hukuman di sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Adapun judul
yang dipilih dalam studi ini adalah ?Pengaruh Hukuman di Sekolah Terhadap
Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di MTs Negeri 1 Jakarta)?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 160 siswa sedangkan yang
dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu 20%
atau 32 siswa. teknik poengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah angket yang disebarkan kepada siswa, wawancara dengan guru bimbingan
konselingnya
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui baahwa hukuman
dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 45%. Dan dapat dikatakan
bahwa hukuman berpengaruh positif bagi motivasi belajar siswa di MTs Negeri 1
Jakarta.
Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah bagi seorang
pendidik dalam menjatuhkan hukuman terhadap siswa yang melanggar
disiplin/tata tertib/peraturan sekolah senantiasa mengedepankan sifat tidak mudah
marah, sabar, adil, dan pemaaf, sehingga dalam melaksanakan hukuman betul-betul
proposional.
v
Dalam memberikan hukuman sebaiknya guru yang berwenang melihat
aturan atau prinsip yang dilanggar oleh perbuatan salah itu, apakah hukuman atau
konsekwensi-konsekuwensi yang akan diberikan sesuai dengan kesalahan yang
dilakukannya dan sesuai dengan situasi dan kondisi, serta hendaknya pesan yang
akan disampikan dengan hukuman itu dalam mencela tindakan-tindakan anak
tertentu seorang pendidik tetap menerima diri anak itu sendiri.