Abstrak
ABSTRAKSI Fokus studi ini adalah pengaruh hukuman di sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Studi ini bermaksud untuk mengetahui secara rinci apakah ada pengaruh hukuman di sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Adapun judul yang dipilih dalam studi ini adalah ?Pengaruh Hukuman di Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di MTs Negeri 1 Jakarta)? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 160 siswa sedangkan yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi yaitu 20% atau 32 siswa. teknik poengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang disebarkan kepada siswa, wawancara dengan guru bimbingan konselingnya Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui baahwa hukuman dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 45%. Dan dapat dikatakan bahwa hukuman berpengaruh positif bagi motivasi belajar siswa di MTs Negeri 1 Jakarta. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah bagi seorang pendidik dalam menjatuhkan hukuman terhadap siswa yang melanggar disiplin/tata tertib/peraturan sekolah senantiasa mengedepankan sifat tidak mudah marah, sabar, adil, dan pemaaf, sehingga dalam melaksanakan hukuman betul-betul proposional. v Dalam memberikan hukuman sebaiknya guru yang berwenang melihat aturan atau prinsip yang dilanggar oleh perbuatan salah itu, apakah hukuman atau konsekwensi-konsekuwensi yang akan diberikan sesuai dengan kesalahan yang dilakukannya dan sesuai dengan situasi dan kondisi, serta hendaknya pesan yang akan disampikan dengan hukuman itu dalam mencela tindakan-tindakan anak tertentu seorang pendidik tetap menerima diri anak itu sendiri.