Abstrak
ABSTRAK Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kurikulum muatan lokal terhadap peningkatan life skill siswa. Dalam hal ini menunjukan terdapat pengaruh yang bersifat searah artinya gerak satu variable diikuti oleh variabel lainnya. Besar kontribusi variabel x terhadap variabel y, maka dapat dilihat dari angka koefisien determinasi r yaitu r2x100%= 0,6872x100%=47,1%. Hal ini berarti besarnya kontribusi kurikulum muatan lokal terhadap peningkatan life skill siswa sebesar 47%. Sedangkan sisanya 53% dipengaruhi faktor lain. Pada uji hipotesis dengan mengunakan uji ttabel yaitu rhitung = 6,86. Jika dikontribusikan dengan ttabel=30,dan mengunakan taraf signifikan 0,05(5%) diperoleh ttabel= 2,64. Kesimpulan tersebut bahwa thitung > dari ttabel (6,86>2,64). Maka perbandingan tersebut menunjukan adanya pengaruh dengan peningkatan life skill siswa.