Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Dewi Sartika. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Dewi Sartika. Sampel yang diambil sebanyak 50 responden dengan menggunakan teknik Probability Sampling dengan pendekatan Systematical Sampling, yaitu teknik random sederhana yang dilakukan secara ordinal, artinya anggota sample dipilih berdasarkan urutan tertentu. Variabel yang diteliti adalah ?kualitas pelayanan? sebagai variabel bebas (independent) dan ?loyalitas nasabah? sebagai variabel terikat (dependen). Data primer diperoleh melalui penyebaran angket atau kuesioner pada para nasabah, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka literature lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tangible, emphaty, responsivness, reability dan assurance secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) di Bank Syariah Mandiri KCP Dewi Sartika. Hasil koefisien korelasi adalah 0,630. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Dewi Sartika.