Abstrak
ABSTRAK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH BER-INVESTASI PADA PRODUK GADAI EMAS (Studi Kasus pada Bank Syari?ah Mandiri Cabang Cibubur ? Jakarta Timur), program studi Muamalat (Perbankan Syari?ah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah dalam berinvestasi terhadap produk gadai emas. Variabel yang diteliti adalah Profitabilitas dan safety (keamanan) sebagai variabel bebas (Predictor) dan variabel terikatnya adalah minat nasabah berinvestasi, data primer diperoleh dari penyebaran angket atau kuesioner kepada para nasabah gadai emas Bank Syari?ah Mandiri Cabang Cibubur, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka literatur lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Variabel profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah berinvestasi emas pada produk gadai emas, karena variabel profitabilitas dapat menjelaskan variabel minat dengan uji t yang dilakukan, nilai t pada variabel profitabilitas sebesar 2.623 dengan nilai signifikansi t sebesar 0,014 lebih kecil dari α = 0,05 ini berarti profitabilitas secara statistik mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah berinvestasi emas pada produk gadai emas. Sedangkan variabel safety (keamanan) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah berinvestasi emas pada produk gadai emas, hal ini menunjukan bahwa variabel safety (keamanan) tidak dapat menjelaskan variabel minat dengan uji t yang dilakukan, nilai t pada variabel safety (keamanan) sebesar 1.215 dengan nilai signifikansi t sebesar 0,235 lebih besar dari α = 0,05 ini berarti safety (keamanan) secara statistik tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat nasabah berinvestasi emas pada produk gadai emas. Kata kunci : Gadai Emas, Profitabilitas, Safety (keamanan