Abstrak
ABSTRAK NAMA : NENENG NURHAYATI NIM : 0707015013 PROGRAM STUDI : KEPENDIDIKAN ISLAM JUDUL : PENGARUH PELATIHAN ESQ (Emotional Spiritual Quotient) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 47 JAKARTA Alasan penulis untuk meneliti di sekolah ini dari sudut pandang : pihak sekolah mudah untuk ditemui, mudah ditemui nara sumber yang diperlukan, dan sekolah ini telah melaaksanakan pelatihan ESQ sebagai salah satu sumber yang akan diteliti. Adapun alasan penulis memilih masalah ini dikarenakan pentingnya mengukur tingkat pencapaian pelatihan ESQ terhadap Motivasi Belajar Siswa yang ada pada Sekolah SMP Negeri 47 Jakarta. Dengan adanya pengukuran terhadap motivasi belajar siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siawa sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelatihan ESQ terhadap motivasi belajar siswa di sekolah SMP Negeri 47 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah SMP Negeri 47 Jakarta yang beralamat di Jln. Rawasari Sejalan dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dan survey. Populasi penelitian ini adalah siswa IX SMP Negeri 47 Jakarta, yang berjumlah 210 siswa. Sedangkan untuk sampel penelitian adalah 50 siswa (Responden), berdasarkan perhitungan 25% dari jumlah populasi. Untuk mengumpulkan data variabel X dan Y menggunakan angket. Masing-masing angket terdiri dari 20 butir pernyataan untuk variabel X dan 20 butir pernyataan untuk variabel Y. setelah dilakukan uji validitas dan uji relibilitas instrumen (pernyataan), diperoleh hasil databahwa semua butir dibuat layak dikeluarkan dan disebarkan kepada responden dengan jumlah yang sama yaitu masing-masing 20 butir pernyataan untuk variabel X dan Y. data yang diperoleh diolah menggunakan analisa kuntitatif deskriptif, yaitu dengan metode statistik dasar, analisa regresi sederhana, analisa koefisiensi korelasi, uji keberartian koefesiensi korelasi, dan analisa koefisiensi determinasi. Berdasarkan pengolahan data tersebut maka akan disimpulkan bahwa pelatihan ESQ berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dinyatakan dengan nilai koefisien korelasi dengan hubungan Sedang sebesar 0.43 nilai 0.43 > 0.200, maka Ha diterima dan Ho ditolak berarti terdapat pengaruh antara pelatihan ESQ terhadap motivasi belajar siswa pada sekolah SMP Negeri 47 Jakarta.