Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor ? faktor yang
mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan jasa Bank Syariah.
Sumber data dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari kuesioner yang
penulis berikan kepada nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Mayestik.
Metode yang digunakan adalah metode studi kasus, yaitu dengan
mengamati dan menganalisa faktor ? faktor yang mempengaruhi keputusan
nasabah dalam menggunakan jasa Bank Syariah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa validitas semua item pernyataan
valid, uji reliabilitas semua variabel reliabel, analisis faktor yang paling dominan
yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan jasa Bank Syariah
adalah faktor merk dan produk. Karena faktor ini memiliki total eigenvalue paling
besar dari faktor ? faktor yang mempengaruhi yakni sebesar 6.461 dan cumulative
sebesar 67.697 yang didominasi oleh, Bank Syariah Mandiri merupakan Bank
Syariah terbesar. Fasilitas sarana pelayanan transaksi perbankan yang lengkap,
Kualitas produk Bank Syariah Mandiri yang tinggi dan inovatif, Di Bank Syariah
Mandiri terdapat produk yang beragam.
Oleh karena itu disarankan kepada pihak perbankan agar dapat memberikan
pelayanan terbaik kepada nasabah, menjaga faktor ? faktor yang dominan yang
mempengaruhi nasabah, serta meningkatkan faktor ? faktor yang lemah agar Bank
Syariah mampu bersaing dengan Bank Konvensional