Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran gadai emas
(rahn) dalam meningkatkan jumlah nasabah (studi kasus PT. Bank BNI
Syariah kantor cabang Jakarta Selatan). Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yaitu dengan
cara mengumpulkan data untuk menarik kesimpulan.
Objek penelitian ini dilakukan di Bank Negara Indonesia Syariah
(Persero) Jakarta Selatan, yang beralamat di ITC Dutamas Fatmawati Blok
A1-2 & A1-3, jalan RS. Fatmawati Jakarta Selatan. Sumber data yang
dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Wawancara dilakukan terhadap unit Gadai Emas Bank Negara Indonesia
Syariah cabang Jakarta Selatan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi pemasaran pada PT.
Bank BNI Syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah gadai emas hasilnya
belum maksimal, jika dilaksanakan sesuai dengan prosedur pemasaran yang
sebenarnya maka akan mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Pada saat
ini PT. Bank BNI Syariah dalam pemasaran yang telah dilakukan yaitu
berupa penyebaran brosur, face to face, kerja sama dengan toko emas dan
hasilnya kurang signifika