Abstrak
ABSTRAK Eko Hartanto Fajri : 020201015 HUBUNGAN PANGSA PASAR (MARKET SHARE) DENGAN PERTUMBUHAN PRODUK PADA PT. ASTRA INTERNATIONAL, Tbk ? AUTO 2000 CABANG GSO JAKARTA. Skripsi Program Strata Satu (S1), Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pangsa pasar dengan pertumbuhan produk pada perusahaan. Variabel yang diteliti adalah ?Pangsa pasar (X)? sebagai variable independent dan ?Pertumbuhan produk (Y)? sebagai variable terikatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah studi kasus, dimana data yang digunakan adalah data laporan penjualan produk Toyota dan laporan penjualan industri kendaraan bermotor Indonesia pada periode 2004 pada PT. Astra International, Tbk ? AUTO 2000 Cabang GSO Jakarta, sedangkan data sekunder diperoleh melaui studi kepustakan. Dalam mengolah data penulis menggunakan program SPSS (Statistical Program For Social Science). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam pengelolaan data dengan SPSS, maka hubungan antara pangsa pasar dengan pertumbuhan produk pada AUTO 2000 GSO Cabang Jakarta didapat korelasi sebesar 0,117 menunjukkan bahwa korelasi / hubungan antara pertumbuhan produk dengan pangsa pasar adalah sangat lemah. Dengan persamaan regresi Y = 4,214 - 0,248 X dengan konstanta sebesar 4.214 menyatakan bahwa jika pangsa pasar dikelola secara efisien, maka pertumbuhan produk adalah 4.214 per bulan, serta koefisien regresi 0,248 menyatakan bahwa setiap penurunan pangsa sebesar satu satuan maka pertumbuhan produk akan menurun sebesar 24,8. Sedangkan R square atau koefisien determinasi hanya 12 % variasi pertumbuhan produk bisa dijelaskan oleh variabel pangsa pasar. Hubungan antara pangsa pasar dengan pertumbuhan produk terdapat pada tingkat kenaikan penjualan perusahaan dan tingkat di mana perusahaan dapat menghasilkan laba atau profitabilitas yang tinggi yang sesuai dengan pangsa pasar yang relative karena pada tahap pertumbuhan produk penjualan sedang mengalami peningkatan serta bertujuan untuk memaksimalkan pangsa pasar dengan menambah frekuensi perluasan produk. Oleh karena itu disarankan pada AUTO 2000 GSO wahid hasyim untuk tetap mempertahankan pangsa pasar yang telah diraih dengan tingkat pertumbuhan produk yang baik bahkan, kalau memang di perlukan untuk melakukan peningkatan dalam modifikasi produk agar mampu meraih pangsa pasar yang lebih baik.