Abstrak
Objek dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris dalam hal menjawab masalah penelitian mengenai ada tidaknya hubungan antara kebiasaan membaca teks berbahasa Inggris dan penguasaan kosakata pada kelas VII siswa SMPN 2 Tarumajaya Bekasi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif survey lapangan dengan analisis korelasi yang termasuk didalamnya pada dua kelompok data yaitu kebiasaan membaca teks berbahasa Inggris (variable X) dan penguasaan kosakata (variable Y). Populasi penelitian ini terdiri dari 287. Sampel dalam penelitian ini di ambil 14% dari populasi yang terdiri dari 40 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengambil data adalah tes dan angket. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kosakata., sedangkan angket yang digunakan adalah angket kebiasaan membaca teks berbahasa Inggis. Skor para siswa dihitung menggunakan metode korelasi Pearson?s Product Moment. Penghitungan melalui Pearson Product Moment menghasilkan korelasi r=0,96, dengan df=40-2=38 pada 0,05. Standar signifikan mendapatkan r tabel=0,312. Dengan kata lain, penghitungan r hitung > r table. rh(0,96) > rh (0,312), jadi Hi diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hipotesis tersebut. Jika Hi diterima maka hal itu bermakna bahwa terjadi hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca teks berbahasa Inggris dan penguasaan kosakata siswa kelas VII SMPN 2 Tarumajaya tahun ajaran 2010/2011.