Abstrak
ABSTRAK MERI HARIANI. NIM : 0701137002. Pengaruh Penggunaan Metode Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Pengukuran di Sekolah Menengah Pertama Al-Amanah Setu Tangerang-Banten. Skripsi. Jakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode peta konsep terhadap hasil belajar fisika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel diambil secara acak dari kelas-kelas (cluster random sampling) dan yang terpilih adalah kelas VII-C dan kelas VII-D sebanyak 60 siswa. Alat pengumpul data berupa tes hasil belajar fisika berbentuk pilihan ganda dan pembuatan peta konsep oleh siswa. Data hasil belajar fisika siswa kemudian diuji dengan uji signifikan yaitu uji-t dan pembuatan peta konsep oleh siswa diuji dengan uji F. Uji persyaratan analisis data hasil belajar yang dipakai adalah uji normalita dan uji homogenitas. Dari hasil perhitungan uji normalitas, untuk data kelas eksperimen diperoleh hitung L = 0,1042 dan pada kelas kontrol hitung L = 0,1343 tabel L pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 30 adalah 0,1610. Karena hitung L < tabel L maka data dapat disimpulkan berdistribusi normal. Sedang dengan uji homogenitas diperoleh hitung F = 1,11 dan tabel F = 1,85. Karena hitung F < tabel F maka data tersebut dinyatakan homogen. Untuk uji kesamaan antara varians kelas eksperimen dan nilai peta konsep siswa diperoleh hitung F = 1,298; tabel F = 1,85 dan tabel F = 1,298. Karena tabel F < hitung F < tabel F maka data dari varians kelas eksperimen dan nilai peta konsep siswa memiliki kesamaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisa korelasi Product moment, menggunakan data dari kelompok yang tidak diberi perlakuan (pre test) dan kelompok yang diberi perlakuan (post test) didapat hitung r = 0,987. Selanjutnya dihitung uji keberartian menggunakan uji-t dari hitung r = 0,987 didapat hitung t = 32,496 dengan derajat kebebasan 58 dan taraf signifikan α = 0,05. Dengan batas - batas tersebut didapat dari tabel kritis tabel t = 1,67; maka 0 H ditolak. Dengan demikian 1 H diterima yang menyatakan ada peningkatan rata-rata hasil belajar fisika yang diajar dengan metode peta konsep terhadap rata-rata hasil belajar fisika yang tidak diberi metode peta konsep.