Abstrak
Pembelajaran kooperatif model group investigation (GI) merupakan salah satu model pembelajaran yang lebih banyak melibatkan siswa untuk berperan serta secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk : (1) meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan strategi pembelajaran yang inovatif, (2) meningkatkan hasil belajar biologi siswa melalui pembelajaran kooperatif, (3) mengetahui efektivitas penggunaan strategi pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research), dilaksanakan di kelas 11 IPA 1 SMAN 91 Jakarta, pada bulan Februari - April 2009. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan : (a) observasi keaktifan siswa selama kegiatan berlangsung, (b) wawancara kepada siswa, (c) ulangan pada setiap akhir siklus kegiatan. Prosedur pelaksanaan penelitian melalui kegiatan : (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi, (d) analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan nilai hasil belajar biologi yang signifikan dibandingkan dengan sebelum penerapaan pembelajaran kooperatif model GI. Kenaikan juga terjadi pada aspek semangant dalam KBM, kerja sama, serta mengeluarkan pendapat dan memberikan pertanyaan antarsiswa.