Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis pengaruh kompetensi guru, kreativitas guru, dan superlink guru, sebagai variabel eksogenus terhadap hasil belajar biologi sebagai variabel endogenus. Hipotesis yang diajukan adalah (1) Terdapat pengaruh langsung yang positif kompetensi profesi guru terhadap hasil belajar mata pelajaran biologi, (2) Terdapat pengaruh langsung yang positif kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar pelajaran biologi. (3) Terdapat pengaruh langsung yang positif superlink siswa terhadap hasil belajar pelajaran biologi. Hasil Analisis data menunjukkan adanya pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara kompetensi profesi guru terhadap hasil belajar siswa dan persamaan regresi linear sederhana HASB = 0.39*KMPG (n1=0.39*E1);t sebesar 6.54, P-Value sebesar 0.75045. Hal itu menunjukkan semakin tinggi kompetensi profesi guru maka semakin tinggi hasil belajar biologi siswa. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh pihak sekolah dan guru biologi SMA untuk meningkatkan kompetensi profesi diri dalam hal pengelolaan kelas, pengembangan potensi diri, pengembangan kualifikasi profesi dan meningkatkan kemampuan penguasaan akademiknya guna mewujudkan dan meningkatkan hasil belajar siswanya.