Abstrak
ABSTRAK FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN UHAMKA PROGRAM STUDI ILMU KESEHATAN MASYARAKAT MANAJEMEN RUMAH SAKIT Skripsi, Desember 2010 Rosita, Evaluasi Pelayanan Unit Farmasi (Berdasarkan Borang- Borang Komisi Akreditasi Rumah Sakit) Di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru Tahun 2008 xi + 114 halaman, 4 tabel, 1 gambar, 13 lampiran RS Awal Bros termasuk salah satu rumah sakit yang terbesar di Pekanbaru (Riau) yang merupakan perwujudan dalam bidang teknologi kesahatan dimana masyarakat membutuhkan tenaga kesehatan ahli dan fasilitas lengkap. Rumah Sakit Awal Bros terus memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara efisien untuk selalau meningkatkan mutu pelayanan hingga dapat memperoleh ISO 9001:2000 dari United Kingdom Acceditation Schime (UKARS) melalui united registrade of systems (URS) karena kerja sama yang solid dan kekuatan manajemen yang didukung oleh tenaga profesional dibidangnya. Dan pada tahun ke-8 Rumah Sakit Awal Bros akhirnya mendapatkan pengakuan nasional dalam bidang pelayanan rumah sakit yaitu sertifikat akreditasi Depkes RI yaitu akreditasi penuh. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriftif kuantitatif dimana penelitian juga mengabungkan dengan deskriftif kualitatif untuk memberikan kejelasan hasil penelitian. Pengumpulan data digunakan dengan mengunakan data primer dari hasil pengamatan dan wawancara serta secara sekunder dari dokumen-dokumen yang tersedia dari instalasi unit farmasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses evaluasi pelayanan unit farmasi yang ditetapkan oleh borang-borang kars meliputi persiapan rumah sakit menghadapi akreditasi sampai dengan waktu akreditasi dilaksanakan serta pembinaan pasca akreditasi oleh rumah sakit sehingga benar menunjukkan hasil yang sesuai sedang berjalan. Berdasarkan data yang diperoleh dari unit farmasi hasil survei akreditasi menunjukkan skor 95% pada tahun 2008. Dalam proses evaluasi juga mengalami kendala hal ini dikarenakan pihak rumah sakit tidak bisa memberikan beberapa dokumen untuk dijadikan sebagai lampiran. Untuk itu pihak rumah sakit diharapkan terus meningkatkan mutu pelayanannya 3 periode berturut-turut sehingga akan mendapatkan status akreditasi istimewa untuk masa 5 tahun kedepan. Daftar bacaan : 32 (1980 - 2004)