Abstrak
Penelitian ini merupakan suatu kaji tindak yang bertujuan untuk melihat dampak pengajaran fonem-fonem pengajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan pronounciation games. Tujuan khusus penelitian ini adalah: (1) diperolehnya data tentang fonem-fonem Bahasa Inggris yang diajarkan dalam kelas pronounciation dan jenis-jenis pronounciation games yang digunakan untuk mengajarkan fonem-fonem tersebut; (2) tersusunya model pengajaran dan paket pembelajaran fonem-fonem bahasa inggris dengan menggunakan pronounciation games, dan (3) terujinya model pengajaran dan paket pembelajaran fonem-fonem bahasa inggris dengan menggunakan pronounciation games.
Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: Tahap I (Mei - Juni 2002) yaitu kajian pustaka untuk mencapai tujuan khusus pertama; Tahap II (Juli - Agustus 2002) yaitu tahap penyusunan dan pengembangan model pengajaran melalui lokakarya; dan Tahap III (September - November 2002) yaitu penerapan model pengajaran dan paket pembelajaran dikelas melalui penelitian tindakan dalam dua siklus yaitu siklus pertama dan siklus kedua. Pada siklus pertama mahasiswa dilibatkan sebagai peserta pronounciation games yang mengharuskan mereka memproduksi fonem-fonem tertentu bahasa inggris. Hasil penelitian siklus pertama belum memuaskan. Pada siklus kedua mahasiswa disamping sebagai peserta permainan juga sekaligus menjadi juri yang ikut menilai apakah fonem-fonem yang dipelajari telah diucapkan dengan benar. Hasil siklus kedua ini memuaskan.
Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa kesulitan mahasiswa dalam mengucapkan fonem-fonem tertentu bahasa inggris karena tidak terfokusnya materi pembelajaran pada pelatihan pengucapan fonem-fonem dan model pengajaran yang monoton dan membosankan dengan muatan materi yang teoritis, serta kurangnya suasana yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan kemampuan pengucapannya.