Abstrak
Pendidikan program Pascasarjana (PPs) atau S2, S3 bagi para dosen merupakan persyaratan minimal untuk layak mengajar di Perguruan Tinggi, sekaligus sebagai bahan/bekal pengetahuan, keterampilan sikap dan nilai didalam memberikan materi kuliah kepada para mahasiswa. Di UNIS Tanggerang misalnya, pada tahun 2002 para dosen yang telah menempuh PPs dan Profesor hanya 91 dari 227 orang (40.39 %) yang berarti masih "sangat kurang". Adapun prestasi kerja yang dicapai sebelum tahun tersebut terutama dibidang pendidikan dan pengajaran adalah 63.89%, penelitian 22.22% dan pengabdian pada masyarakat 44.45%, sedang peningkatan prestasi kerja khususnya pendidikan dan pengajaran mencapai 65.08%. Jadi kurang dari target hipotesis, sebesar > 70% dipihak lain pencapaian target kinerja dosen dilihat dari totalitas unsur penelitian dalam tulisan ini hanyalah mencapai 56.62% yang berarti lebih dari setengahnya, mereka telah berupaya melakukan peningkatan prestasi kerja, namun masih berada pada kualitas/predikat "kurang". Artinya upaya ini belum cukup.