Abstrak
Penyebab terbesar kecelakaan lalu lintas berasal dari faktor manusia, antara lain pengemudi tidak dapat melihat tanda yang mengharuskan berhenti (Badger,2002). Tidak melihat tanda yang diharuskan berhenti membuat waktu reaksi untuk berhenti menjadi lebih lambat. Keterlambatan dalam reaksi membuat individu melewati tanda yang mengharuskan berhenti, yang man merupakan salah satu tingkah laku mengemudi agresif. Faktor yang mempengaruhi waktu reaksi antara lain jenis kelamin, yaitu perempuan lebih lambat daripada laki-laki dan beban kognitif atau tugas ganda (Kosinski,2006;Green,2004). Salah satu bentuk tugas ganda yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah mengemudi sambil menggunakan handphone. berdasarkan perkembangan kognitif, individu pada usia 20-40 tahun mampu melakuakan beberapa tugas dalam waktu bersamaan, tetapi pada usia 16sampai 25 tahun individu masih mudah terganggu jika melakukan pembicaraan ketika mengemudi (Papalia dkk, 2004; Badger,2002). Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh tugas ganda terhapat waktu reaksi menginjak rem. Partisipan penelitian adalah perempuan dengan rentang usia 20sampai 25 tahun. Tipe penelitian yang dilakukan adalah kuantitiatif eksperimental dengan menggunakan stopwath sebagai alat ukur waktu reaksi. Untuk menghindarkan situasi pengemudi di jalan, digunakan permainan Need For Speed Undergroud 2. Desain penelitian yang digunakan adalah within- subject, yaitu setiap psrtisipan mendapat tiga manipulasi VB (mengemudi tampa menggunakan handphone, mengemudi sambil menggunakan percakapan telepon, dan komunikasi sms). Dari hasil penelitian diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan tugas ganda terhadap waktu reaksi (F=41.83 dengan p<0.01). Melalui tes post-hoc diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan waktu reaksi yang signifikan antara mengemudi tanpa handphone dengan mengemudi sambil melakukan percakapan telepon dan komunikasi sms. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengaruh tugas ganda terhadap waktu reaksi adalah negatif, yaitu melambatkan waktu reaksi. Perbedaan waktu reaksi ketika mengemudi sambil menggunakan handphone dengan tidak menggunakan hendphone adalah 1.47 detik (telepon) sampai 1.82 detik (sms).