Abstrak
Penelitian ini inggin meliahat naskah kognitif yang dimiliki siswa/siswi SMA di Jakarta mengenai "gencet-gencetan". Naskah kognitif adalah sketma yang berisi detail dari sebuah peristiwa. "Gencet-gencetan" adalah salah satu bentuk school bullying atau perilku agresif yang dilakukan berulang-ulang oeleh seseorang/sekelompok siswa yang memiliki kekuasaan , terhadap siswa/siswi yang lebih lemah, dengan tujuan inggin menyakiti orang tersebut,Eksplorasi mengenai naskah kognitif akan memberikankan gambaran lengkap mengenai peristiwa "gencetan-gencetan" yang terjadi beberapa SMU di Jakarta. Penelitian ini dilakukan kepada siswa/siswi dari dua SMU di mana sering terjadi peristiwa"gencet-gencetan". Hasil dari penelitian iniselain memberikan pemahaman tentang arti dan skenario "gencet-gencetan", juga dampak ayng mungkin terjadi kepada korban, dilihat dari sudut pandang siswa-siswi SMU. Dari jawaban subjek diketahui bahwa korban sering mengalami dampak negatif berupa kesejahteraan psikologi (psychological well being) yang rendah, kesulitan dalam penyesuaian sosial,dan gangguan-gangguan psikologis. Diharapkan dengan diketahuinya naskah kognitif dari siswa-siswi ini pihak yang berkepentingan bisa melakuakan intervensi untuk mengatasi gejala ini.