Abstrak
Penelitian ini ingin melihat naskah kognitif yang dimiliki siswa-siswi SMA di Jakarta mengenai "gencet-gencetan". Naskah kognitif adalah skema yang berisi detail dari sebuah peristiwa. "Gencet-gencetan" adalh salah satu bentuk school bullying atau perilaku agresif yang dilakukan berulang-ulang oleh seseorang atau sekelompok siswa yang memiliki kekuasaan, terhadap siswa/siswi yang lebih lemah, dengan tujuan menyakiti orang tersebut. Eksporasi mengenai nakah kognitif akan memberikan gambaran lengkap menganai perisiwa "gencet-gencetan" yang terjadi di beberapa SMU di jakarta. Penelitian ini dilakukan kepada siswa-siswi dari dua SMU diana sering terjadi peristiwa "gencet-gencetan".Hasil dari penelitin ini selain memberikan pemahaman tentang arti dan skenario "gencet-gencetan", juga dampak yang mungkin terjadi kepada korban, dilihat dari sudut pandang siswi SMU. Dari jawaban subyek diketahui bahwa korban sering mengalami dampak negatif berupa kesejahteraan psikologis (psychological well being) yang rendah, kesulitan dalam penyesuaian sosial, dan gangguan-gangguan psikologis. Diharapkan dengan diketahuinya naskah kognitif dari siswa-siswi ini pihak yang berkepentingan bisa melakukan intervensi untuk mengatasi gejala ini.