Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan keefektifan dari metode problem-based learning dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Strategi Belajar Mengajar. Penelitian ini dilakukan pada 40 orang mahasiswa semester IV jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Jakarta. Action research dipakai untuk menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan. Setelah melakukan treatment sebanyak 4 cycle, baru dapat diambil kesimpulan. Denagn menggunakan PBL method, mahasiswa termotivasi, kelas lebih hidup karena seluruh mahasiswa terlibat dalam diskusi kelompok. Keuntungan dari metode ini adalah seluruh mahasiswa yang biasanya pendiam atau malu-malu dalam kegiatan dikelas, secara mencengangkan mereka menjadi berani mengungkapkan ide-ide mereka dan sangat antusias dalam diskusi kelompok, malahan mereka mengeluarkan ide-ide yang bagus sekali. Rasa percaya diri mahasiswa menjadi tinggi sehingga mereka dengan berani mengeluarkan pendapat mereka pada topik yang sedang dibahas. Disamping itu, mahasiswa sangat menikmati suasana selama diskusi, sehingga mereka bisa guyon dan tertawa-tawa selama diskusi berlangsung, hasilnya dari aktivitas ini pencapaian hasil belajar mereka meningkat.