Abstrak
ABSTRAK Ade Purnama Thani 020202001: ANALISA LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN INDUK SEBELUM DAN SETELAH AKUISISI PADA PT. JASUINDO TIGA PERKASA TBK. Skripsi Program Strata Satu, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Jakarta 2007 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan PT. Jasuindo Tiga Perkasa Tbk sebagai perusahaan induk sebelum dan setelah mengakuisisi PT. Djakarta Computer Supplies dengan menggunakan rasio likuiditas, solvabilitas, profitabilitas, aktivitas dan rasio pertumbuhan. Variabel yang diteliti adalah kebijakan manajemen dalam akuisisi, dimana variabel bebasnya (independent variabel) adalah akuisisi pada PT. Jasuindo Tiga Perkasa Tbk dan variabel terikatnya (dependent variable) adalah kinerja keuangan PT. Jasuindo Tiga Perkasa Tbk setelah akuisisi. Data sekunder diperoleh melalui observasi di PT. Jasuindo Tiga Perkasa Tbk tersebut dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya, dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa akuisisi yang dilakukan oleh PT. Jasuindo Tiga Perkasa Tbk terhadap 99% saham PT. Djakarta Computer Supplies menyebabkan penurunan kinerja keuangan perusahaan dengan hasil analisis rasio sebelum dan setelah akuisisi sebagai berikut: rasio likuiditas menunjukkan adanya penurunan kinerja perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya, rasio solvabilitas menunjukkan penurunan ekuitas perusahaan dalam menutupi kewajiban jangka panjangnya, rasio profitabilitas menunjukkan adanya penurunan kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba, rasio aktivitas menunjukkan adanya peningkatan efektifitas dalam mengoperasikan sumber dananya, dan rasio pertumbuhan menunjukkan adanya penurunan penjualan, laba bersih, earning per share dan dividen per share. Oleh karena itu disarankan pada PT. Jasuindo Tiga Perkasa Tbk sebagai perusahaan induk hendaknya mengevaluasi kembali kondisi keuangan perusahaan yang diakuisisi, memperbaiki kinerja manajemen perusahaan serta dapat meningkatkan penjualan anak perusahaan. Dengan cara demikian diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kembali kinerjanya untuk tahun-tahun yang akan datang.