Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya Perbedaan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Induktif dan Pendekatan Deduktif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ? Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Induktif dan Pendekatan Deduktif ?. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X (sepuluh) SMA Negeri 1 Tirtayasa semester genap tahun pelajaran 2009-2010. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan sampel penelitian sebanyak 60 siswa, 30 siswa dari kelas X-1 sebagai kelas control dan 30 siswa dari kelas X-2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan istrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan lima pilihan yang telah diuji validitas dan reliabelitasnya. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis perbedaan dengan Uji-t, pada taraf signifikan a = 0,05. Data dianalisis dengan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors untuk normalitas dan uji fisher untuk homogenitas. Untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,097 dan Ltabel = 0,161. Sedangkan kelas kontrol didapat harga Lhitung = 0,140 dan Ltabel = 0,161. Karena Lhitung lebih kecil dari Ltabel, maka hipotesis nol diterima dan kesimpulannya adalah sampel yang digunakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Uji Fisher untuk homogenitas diperoleh Fhitung = 1,184 dan Ftabel = 1,85 dengan taraf signifikan a = 0,05. Karena Fhitung = 1,184 < Ftabel = 1,85 sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai varians yang sama.dengan demikian kedua kelas tersebut adalah homogen. Dari hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan UJi-t, diperoleh harga thitung = 3,312 sedangkan ttabel pada taraf signifikan a = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58 didapat ttabel = 2,002. Karena thitung = 3,312 > 2,002 = ttabel, maka H0 ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif H1 yang menyatakan bahwa, terdapat perbedaan antara pendekatan induktif dengan pendekatan deduktif terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan logika matematika di SMA Negeri 1 Tirtayasa. Dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara pendekatan induktif dengan pendekatan deduktif terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan ogika matematika di SMA Negeri 1 Tirtayasa.