Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat hubungan atau tidaknya hubungan antara Disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X SMK DHARMA KARYA Jakarta pada semester II tahun pelajaran 2009-2010, sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 40 siswa dari 200 siswa berasal dari seluruh siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasi. Variabel bebas (X) adalah disiplin belajar dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika siswa. Data yang dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, kemudian uji linearitas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat hitung L =0,099 < 0,140= tabel L dan untuk variabel terikat didapat hitung L =0,092 < 0,140= tabel L , maka didapat kesimpulan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linear diperoleh Y=-3,265+0,268.Uji linearitas diperoleh Fhitung =0,608 < 2,11= (10,05)(23,13) F , sehingga model regresi adalah linear, artinya terdapat hubungan yang linear dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh hitung F 6,578 < 4,10 = (10,05)(1,38) F , berarti model regresi signifikan. Koefisien korelasi variabel X dan Y yang dihitung keberartian korelasi product moment, diperoleh xy r = 15,288 . Selanjutnya menghitung keberartian korelasi menggunakan uji t-studen, dari xy r = 15,288 didapat  2 2 1 1 6,195 2,02          a n hitung t t dengan taraf signifikasi.   0,05 . Hal ini berarti 0 H ditolak maka terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika. Koefisien determinasi r 2  0,152, hal ini berarti disiplin belajar memberikan kontribusi sebesar 15,2% terhadap hasil belajar matematika siswa.