Abstrak
Kecerdasan emosional dapat membantu individu untuk mengetahui dan menanggapi perasaan mereka sendiri dengan baik dan mampu membaca dan menghadapi perasaan-perasaan orang lain dengan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ?Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilakukan siswa kelas XI SMA N 3 Tangerang pada semester pertama tahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 35 siswa kelas XI program IPA. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan tehnik korelasi. Instrumen kecerdasan emosional menggunakan kuesioner sebanyak 21 soal dengan 4 alternatif jawaban sedangkan untuk instrumen hasil belajar matematika siswa menggunakan tes hasil belajar sebanyak 24 butir soal dengan bentuk pilihan ganda (multiple choice) dengan 5 alternatif jawaban. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis variansi (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel bebas iperoleh Lhitung = 0,070 < 0,150 = Ltabel dan data variabel terikat diperoleh Lhitung = 0,117 < 0,150 = Ltabel, maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh      . Untuk uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 1,434 < 2,459 = Ftabel sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 12,377 > 4,139 = Ftabel, maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment dilanjutkan dengan menghitung uji keberartian korelasi menggunakan rumus t-student. Dari rhitung = 0,522 didapat thitung = 3,518 > 2,030 = t(1-   )(n-2) yang berarti H0 ditolak, jadi terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi diperoleh 0,273 artinya 27,3% kontribusi kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa. Sehingga untuk para pendidik dan orang tua agar dapat emperhatikan serta mengelola kecerdasan emosional anak dengan baik. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Matematika