Abstrak
Hasil Ujian Nasional dan Ujian Sekolah tahun 2009 menunjukkan bahwa prestasi siswa dalam mata pelajaran Biologi tidak memuaskan. Oleh sebab itu, diperlukan adanya inovasi dalam pendekatan pengajaran dan pembelajaran, antara lain, melalui penerapan pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat (STM). Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk menyediakan siswa dengan kebebasan untuk mengembangkan konsep, keterampilan dan respons melalui riset tindakan kelas (classroom action research).
Tulisan ini menyajikan hasil penelitian mengenai uji coba pendekatan STM dalam pembelajaran Biologi di MAN Model Jambi. Temuan yang diperoleh antara lain memperlihatkan bahwa siswa aktif terlibat dalam mengembangkan konsep dalam proses belajar-mengajar, seperti berpartisipasi dalam kelompok diskusi dan melakukan eksperimen, salah satu kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pendekatan ini adalah keterbatasan waktu untuk menyiapkan rencana pelajaran. Dalam kesimpulan, penulis merekomendasikan agar guru mengaitkan bahan-bahan ajar mereka dengan isu-isu kontemporer dari kehidupan nyata siswa sehingga proses belajar menjadi lebih efektif dan bermakna.