Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa. Media audio visual adalah media yang digunakan pada saat pembelajaran matematika. Hipotesis yang diajukan : ?Terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 161 Jakarta, kelas VIII pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Sampel yang diteliti sebanyak 70 siswa yang terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 35 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan media audio visual dan tidak menggunakan media audio visual sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan terlebih dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan menggunakan rumus product moment didapat 30 soal valid dan 10 soal tidak valid, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-20 diperoleh rhitung= 0,851 > 0,329 = rtabel dan soal reliabel. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen didapat Lhitung = 0,136 < 0,150 = Ltabel, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh data Lhitung = 0,122 < 0,150 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,593 < 1,776 = Ftabel, hal ini berarti berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengajuan hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh data thitung = 3,700 > 1,997 = ttabel dengan taraf signifikansi  = 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa.