Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kemampuan memahami isi bacaan dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis Penelitian ini adalah ?Terdapat Hubungan antara kemampuan memahami isi bacaan dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Tanjungrejo 01 Kebonsari Madiun Jawa Timur semester ganjil tahun pelajaran 2010- 2011. Sampel diambil secara acak sederhana ( simple random sampling ) dengan mengambil 40 orang siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasi. Variabel bebas (X) adalah kemampuan memahami isi bacaan dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika siswa. Uji validitas instrumen (X) menggunakan rumus Point bisserial, didapat 21 soal yang valid dan 9 soal yang tidak valid. Sedangkan reliabilitas instrumen (X) dengan rumus alpha diperoleh 0,819 0,312 , hitung tabel r    r maka dapat disimpulkan bahwa instrumen (X) reliabel. Uji validitas instrumen (Y) menggunakan rumus korelasi Point bisserial, didapat 20 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid. Reliabilitas instrumen (Y) dengan rumus K-R 20 diperoleh hitung tabel r  0,652  0,312  r . Maka dapat disimpulkan bahwa instrumen (Y) adalah reliabel. Data yang dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, kemudian uji linearitas dan uji keberartian regresi menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk (X) didapat Lhitung = 0,071 < 0,140 = Ltabel dan untuk (Y) didapat Lhitung = 0,082 < 0,140 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sample berdistribusi normal. Perhitungan regresi linear diperoleh 􀜻 􀷠 = 6,891+0,509X. Uji linearitas diperoleh Fhitung = 0,107 < 2,160= F(0,95)(11,27), sehingga model regresi adalah linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel.Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 19,314 > 4,100 = F(0,95)(1,38) berarti model regresi signifikan. Koefisien korelasi variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis korelasi product moment diperoleh rxy =0,580. Selanjutnya menghitung keberartian korelasi dengan menggunakan uji t-student, dari rxy = 0,580 didapat thitung = 4,387 > 2,020 = t(1-½α)(n-2) dengan taraf signifikansi   0,05. Hal ini berarti 0 H ditolak, maka terdapat hubungan antara kemampuan memahami isi bacaan dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi r2 = 0,3364 hal ini berarti kemampuan memahami isi bacaan memberi konstribusi sebesar 33,64 % terhadap hasil belajar matematika siswa.