Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Learning Community dengan pendekatan deduktif. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah:? Terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis Learning Community dengan pendekatan deduktif?. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Muhammadiyah 1 Ciputat kelas VIII (delapan) pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas: pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Learning Community dan pendekatan deduktif. Variabel terikat: hasil belajar matematika siswa. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas dengan rumus korelasi Point Biserial diperoleh 24 soal yang valid dan 16 soal yang tidak valid. Uji reliabilitas dengan rumus K-R.20 diperoleh rhitung=0,798>0,325 = rtabel. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji lilliefors serta uji homogenitas dengan menggunakan uji fisher. Uji normalitas untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung =0,082 < 0,161 = Ltabel sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,081 < 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel diperoleh dari populasi yang erdistribusi normal. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,174 < 1,861 = Ftabel, hal ini berarti populasi dua data tersebut mempunyai varians yang homogen. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapat thitung = 2,071 >2,002 = ttabel dengan taraf signifikansi α= 0,05. Hal ini berarti tolak H0, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Learning Community dengan pendekatan deduktif