Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan konsep diri positif dengan hasil belajar matematika peserta didik. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?terdapat hubungan antara konsep diri positif dengan hasil belajar matematika peserta didik?. Sampel diambil secara simple random sampling dengan mengambil 36 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasi. Instrumen konsep diri positif peserta didik (variabel X) menggunakan angket dengan skala likert, sedangkan untuk instrumen hasil belajar matematika peserta didik (variabel Y) menggunakan tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen yang menggunakan angket diujicobakan kepada 29 peserta didik, diperoleh 35 item angket valid, sedangkan instrumen hasil belajar matematika diujicobakan kepada 29 peserta didik dan diperoleh 29 soal yang valid dari 40 butir soal. Uji normalitas dengan menggunakan uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varian (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh Lhitung = 0,0596 < 0,1477 = Ltabel dan data variabel Y diperoleh Lhitung = 0,0935 < 0,1477 = Ltabel , maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Y? = 4,680 + 0,141X. Untuk uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 1,593 < 2,620 = Ftabel sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi didapat Fhitung = 8,783 > 4,130 = Ftabel , maka dapat disimpukan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment diperoleh xy r = 0,453 dilanjutkan dengan uji student t menghasilkan thitung = 2,961 > 2,032 = tabel t sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan konsep diri positif dengan hasil belajar matematika peserta didik. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,205 artinya kontribusi yang diberikan konsep diri positif terhadap hasil belajar matematika peserta didik sebesar 20,5%