Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi nasabah mengunakan jasa bank syariah mandiri dan bank muamalat di jabotabek. Sumber data dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari kuesioner yang peneliti berikan kepada nasabah BSM dan Bank Muamalat Metode yang digunakan adalah metode studi kasus, yaitu dengan mengamati dan menganalisa dan mengamati faktor-faktor mempengaruhi nasabah pada Bank Syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uji validitas semua item pertanyaan valid, uji reliabilias semua variable reliabel, analisis faktor yang paling dominan yang mempengaruhi nasabah menggunakan jasa Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat di Jabotabek adalah : Adanya dorongan dari pihak lain, Sosialisasi melalui tokoh masyarakat dan ulama, Bank syariah mudah ditemukan, Seluruh produk sesuai syariah, SDM yang profesional dan transparan., Pelayanan mudah dan tidak berbelit-belit, Presentasi bagi hasil yang sama-sama saling menguntungkan, Adanya jaminan keamanan dana nasabah, Promosi dari Bank, Sistem bagi hasil yang adil dan menentramkan, Diinvestasikan pada pekerjaan halal dan berkah, Lokasi mudah dijangkau, nyaman dan strategis, Adanya konsep yang saling menguntungkan, Pelayanan cepat dan efisien, Bangunan dan ruangan Bank yang bersih dan nyaman, Tidak adanya bunga. Oleh karena itu disarankan kepada pihak perbankan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah, menjaga faktor-faktor yang dominan mempengaruhi nasabah serta meningkatkan yang faktor-faktor yang lemah, agar bank syariah mampu bersaing dengan bank konvensional.