Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tanggapan Stakeholders Terhadap Kompetensi Guru Lulusan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA di Wilayah Jakarta dan Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptrif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru-guru Lulusan Program Studi Biologi FKIP UHAMKA sebanyak 20 orang dengan responden tiga komponen, yaitu kepala sekolah, guru/teman sejawat, dan siswa yang diajar guru tersebut. Di Wilayah Tangerang sampel yang diambil 13 sekolah, penelitian dilaksanakan di 6 SMA di Tangerang dengan SMA Negeri sebanyak 3 sekolah, 3 SMA swasta, 2 SMK swasta, dan 5 SMP sederajat terdiri dari 2 SMP Negeri, dan 3 SMP swasta. Di Wilayah Jakarta total sampel yang diambil 7 Sekolah, dengan 1 SMA swasta dan 6 SMP sederajat, di antaranya 5 SMP swasta, dan 1 MTS swasta. pada bulan Mei 2010. Instrumen penelitian berupa dua jenis angket, yaitu angket untuk kepala sekolah dan guru/teman sejawat sebanyak 40 pertanyaan dan angket untuk siswa sebanyak 20 pertanyaan. Angket menggali tanggapan responden tentang komponen kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Total sampel yang digunakan dari dua wilayah tersebut adalah 440 orang. Hasil penelitian menunjukan, menurut Kepala sekolah, kompetensi yang paling menonjol dari Guru Lulusan Program Studi Biologi FKIP UHAMKA adalah kompetensi kepribadian, sedangkan guru/teman sejawat mengganggap kemampuan yang paling menonjol, adalah kompetensi Profesionalnya, dan siswaadalah Kompetensi Kepribadian.