Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara persepsi peserta didik terhadap kompetensi guru matematika dengan hasil belajar matematika. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan persepsi peserta didik terhadap kompetensi guru matematika dengan hasil belajar matematika ?. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Panongan semester dua (genap) tahun pelajaran 2009/2010. Sampel diambil secara simple random sampling dengan mengambil 33 peserta didik Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasi. Instrumen persepsi peserta didik terhadap kompetensi guru matematika (variabel X) menggunakan angket dengan skala Likert, sedangkan untuk instrumen hasil belajar matematika peserta didik pada pokok bahasan logika matematika (variabel Y) menggunakan tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda (multiple choice). Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen yang menggunakan angket diujicobakan kepada 34 peserta didik dalam populasi selain responden, dan dari hasil uji coba diperoleh 33 item angket valid dari 45 item, sedangkan instrumen hasil belajar matematika diujicobakan kepada 34 peserta didik dan diperoleh 27 soal yang valid dari 40 soal. Untuk pengujian reliabilitas kuesioner diujicobakan kepada 34 peserta didik dan diperoleh r11 = 0,841 > 0,339 = rtabel, sedangkan tes hasil belajar matematika yang diujikan kepada 34 siswa diperoleh r11 = 0,837 > 0,339 = rtabel, sehingga tes ini reliabel dan layak digunakan. Analisis data dilakukan dengan uji kenormalan atau uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varian (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh Lhitung = 0,0484 < 0,1542 = Ltabel dan data variabel Y diperoleh Lhitung = 0,1061 < 0,1542 = Ltabel, maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 4, 283 0.123X  . Untuk uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 0,668 < 3,41= Ftabel sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel . uji keberartian regresi didapat Fhitung = 9,384> 4,16 = Ftabel , maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment diperoleh rxy =0.484 yang berarti H0 ditolak, Untuk uji tstudent menghasilkan thitung = 3,079> 2,039= ttabel sehingga dapat disimpulkan terhadap hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik terhadap kompetensi guru matematika dengan hasil belajar matematika. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,234256 artinya 23,4256% kontribusi persepsi peserta didik terhadap kompetensi guru matematika dengan hasil belajar.