Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis penelitian ini adalah ? Terdapat hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Tangerang Selatan pada semester ganjil tahun pelajaran 2010-2011. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 32 siswa dari 357 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasi. Instrumen penelitian menggunakan angket minat belajar berjumlah 29 item dengan 5 alternatif jawaban dan tes hasil belajar matematika berjumlah 28 item dalam bentuk pilihan ganda dengan 5 alternatif jawaban. Data dianalisis menggunakan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi menggunakan analisis varians (ANAVA). Pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,085 < 0,157 =Lt(0.05,32) dan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,092 < 0,157 = L(0.05,32) maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh ? 5,82 0,098 , Y X  Uji linearitas diperoleh Fhitung = 0,725 < 2,675 = F(0,05)(19,11), sehingga model regresi adalah linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 4,213 > 4,170 = F(0,05)(1,30), berarti model regresi signifikan. Koefisien korelasi variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis korelasi product moment diperoleh rxy = 0,351. Selanjutnya menghitung keberartian korelasi dengan menggunakan uji t-student, dari rxy = 0,351 didapat thitung = 2,052 > 2,040 = ) 2 )(21 1 (   nt dengan taraf signifikansi 0,05 .Hal ini berarti H0 ditolak maka terdapat hubungan yang positif antara minat belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi 2 r = 0,1231, hal ini berarti minat belajar memberikan kontribusi sebesar 12,31% terhadap hasil belajar matematika siswa.