Abstrak
YUNDA KURNIAWAN, Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Metode Drill dan Ekspositori di SMA Manbaul Ulum Tangeran. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Agustus 2007 . Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi secara empiris
tentang perbedaan skor rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas XI yang diberikan metode drill dan yang diberikan metode ekspositori, sehingga dapat menentukan cara yang tepat dalam mengatasi kesulitan-kesulitan belajar siswa sebagai suatu upaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Metode
penelitian ini adalah eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simpel random sampling yang melibatkan dua kelas, masing-masing sebanyak 30 siswa. Pemberian perlakuan disesuaikan dengan pokok bahasan fungsi komposisi dan invers. Pada kelas ekserimen, siswa yang diberikan metode drill dan kelas kontrol siswa yang diberikan metode ekspositori. Prosedur kegiatan siswa dipersiapkan terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan metode pembelajaran yang digunakan. Instrumen penelitian terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20 dan diperoleh harga
0,795. Validitas instrumen menggunakan validitas isi. menggunakan Uji Fisher didapatkan F hitung = 1,158 terletak antara 0,538 dan 1,858 (0,538 < 1,158 < 1,858). . Pada α = 0,05 dan dk = 1 pengujian normalitas data menggunakan uji lilliefors. Pada kelompok eksperimen diperoleh harga L0 = 0,070 dan kelompok kontrol harga L0 = 0,094 Ltabel pada α = 0,05 sebesar 0,161. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 3,691sedangkan ttabel = 2,00 dengan dk = 58
dan α = 0,05 dengan demikian thitung > ttabel, maka H1 diterima pada taraf signifikansi α = 0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa antara yang menggunakan metode drill dengan yang menggunakan metode ekspositori. Berarti metode drill mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.