Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara daya ingat siswa dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara daya ingat dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 12 Depok pada semester 2 tahun pelajaran 2007/2008. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 1 kelas dari 6 kelas yang berjumlah 40 siswa.Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasi. Instrumen daya ingat (variabel X) dan instrumen hasil belajar matematika (variabel Y) menggunakan tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda (multiple choice). Sebelum digunakan dalam penelitian instrumen daya ingat diujicobakan kepada 40 siswa dan dari hasil uji coba diperoleh 20 soal yang valid dari 30 soal, sedangkan instrumen hasil belajar matematika diujicobakan kepada 40 siswa dan diperoleh 22 soal yang valid dari 30 soal. Untuk pengujian reliabilitas daya ingat diujicobakan kepada 40 siswa dan diperoleh r11=0,764>0,312=rtabel, sedangkan tes hasil belajar matematika diujikan kepada 40 siswa dan diperoleh r11=0,876>0,312=rtabel, sehingga instrumen penelitian ini reliabel dan layak digunakan. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh Lhitung 0,1054 < 0,1401 = Ltabel dan data variabel Y diperoleh Lhitung=0,0776 < 0,1401, maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperolehY? = 2,495+0,940X. Untuk uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung=0,784<2,19=Ftabel sehingga dapat disimpulakan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi didapat Fhitung=168,934>4,10=Ftabel, maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi menggunakan t-student. Dari rhitung=0,903 didapat hitung=12,944>2,024=ttabel yang berarti H1 diterima. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa terdapat hubungan antra daya ingat dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi diperoleh sbesar 0,816 artinya 81,6% kontribusi daya ingat dengan hasil belajar matematika siswa. iv