Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media papan buletin dan yang tidak menggunakan media papan buletin. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat sebagai alternatif penggunaan media belajar dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan di SMPN 13 Jakarta pada tahun pelajaran 2006/2007 semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi terjangkau dari penelitian ini berjumlah 76 siswa terdiri dari kelas VII-1 sebanyak 38 siswa dan kelas VII-2 sebanyak 38 siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, yaitu sampel diambil secara acak sederhana. Sampel diambil dari dua kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas yang menggunakan media papan buletin dan kelas kontrol, yaitu kelas yang tidak menggunakan media papan buletin dalam proses belajar mengajar. Jumlah sampel yang diambil adalah 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Dari data hasil penelitian diperoleh rata-rata skor hasil belajar pada pokok bahasan segiempat siswa kelas eksperimen adalah 21,87, sedangkan rata-rata skor hasil belajar pada pokok bahasan segiempat siswa kelas kontrol adalah 19,87. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t, diperoleh thitung = 2,9461. Nilai ttabel = 2,0017 pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 58. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan media papan buletin dan yang tidak menggunakan media papan buletin pada pokok bahasan segiempat di SMPN 13 Jakarta