Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kemandirian siswa dengan hasil belajar matematika. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dengan hasil belajar matematika?. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 160 Jakarta Timur pada semester 2 tahun pelajaran 2007/2008. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 35 siswa dari 198 siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasi. Instrumen kemandirian siswa (variabel X) menggunakan kuesioner dengan skala Likert, sedangkan untuk instrumen hasil belajar matematika (variabel Y) menggunakan tes hasil belajar dengan bentuk pilihan ganda (multiple choice). Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen menggunakan kuesioner diujicobakan kepada 35 siswa dalam populasi selain responden, dan dari hasil uji coba diperoleh 27 soal yang valid dari 35 soal, sedangkan instrumen hasil belajar matematika diuji cobakan kepada 35 siswa dan diperoleh 26 soal yang valid dari 40 soal. Untuk pengujian reliabilitas kuesioner diujicobakan kepada 35 siswa dan diperoleh r11= 0,904 > 0,334 = rtabel, sedangkan tes hasil belajar matematika diujikan kepada 35 siswa dan diperoleh r11 = 0,807 > 0,334 = rtabel, sehingga instrumen penelitian ini reliabel dan layak digunakan. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, uji linearitas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh Lhitung = 0,106 < 0,149 = Ltabel dan data variabel Y diperoleh Lhitung= 0,1005 < 0,149 = Ltabel, maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Y? = -1,552 + 0,199X. Untuk uji kelinearan regresi menghasilkan Fhitung = 0,930 < 2,29 = Ftabel sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi didapat Fhitung = 5,494 > 4,14 = Ftabel, maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment dilanjutkan dengan uji keberartian korelasi menggunakan t-student. Dari rhitung = 0,378 didapat thitung = 2,346 > 2,034 = ttabel yang berarti H1 diterima. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,143 artinya 14,3% kontribusi kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dengan hasil belajar matematika.