Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kemampuan abstrak dengan hasil belajar matematika di SMPN 4 Serpong. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ?Ada hubungan antara kemampuan abstrak dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan geometri?. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMPN 4 Serpong pada semester kedua tahun pelajaran 2006/2007. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil dua kelas yang ada dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dari 78 siswa yang berasal dari kelas VIII A dan VIII B. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah kemampuan abstrak, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan uji lilliefors dan uji linieritas serta uji keberartian regresi menggunakan analisis varians (ANAVA). Hasil uji normalitas data, untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,1173 < 0,161 = Ltabel = L(0,05;30), sedangkan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,1406 < 0,161 = Ltabel = L(0,05;30). Sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 7,862 + 0,906 X. Uji linieritas diperoleh Fhitung = 1,055 < 2,49 = Ftabel = F(0,95)(7,21), sehingga dapat disimpulkan model persamaan regresi linier artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 79,556 > 4,20 = Ftabel = F(0,95)(1,28), artinya model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis person product moment, didapat rhitung = 0,860. Selanjutnya dihitung koefisien korelasi dengan uji t-studen didapat thitung = 6,811 > 2,05 = ttabel =t(0,957;28). Hal ini berarti H0 ditolak, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan abstrak dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi r2 diperoleh sebesar 0,7396 menunjukan bahwa kemampuan abstrak memberikan kontribusi sebesar 73,96 % terhadap hasil belajar matematika siswa.