Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kecerdasan visual-spasial siswa dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Jakarta pada bulan Mei-Juni tahun 2007. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 10 Jakarta yang berjumlah 1049 siswa. Sampel penelitian sebanyak 14 siswa dari kelas VIII- 5 dan 16 siswa dari kelas VIII-6, yang diambil secara simple random sampling. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah : ?Ada hubungan antara kecerdasan visual-spasial siswa dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar.? Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah kecerdasan visual-spasial siswa sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Instrumen untuk variabel bebas yang digunakan dalam penelitian merupakan tes baku, sehingga tidak perlu diuji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan instrumen untuk variabel terikat sebelum diberikan kepada objek penelitian dilakukan dahulu uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Dari uji validitas didapat 24 soal yang valid dan 16 soal yang tidak valid sedangkan uji reliabilitas dengan rumus K-R20 didapat 0,849. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors. Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,1358 < 0,161 = Ltabel, sedangkan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,1475 < 0,161 = Ltabel, aka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi diperoleh Y = 1,19 + 0,52 X. Uji linieritas diperoleh Fhitung = 1,49 < 2,455 = Ftabel, hal ini berarti model regresi adalah linier. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 36,40 > 4,20 = Ftabel, hal ini berarti model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment, selanjutnya dihitung keberartian korelasi dengan uji-t. Dari rhitung = 0,756 didapat thitung = 6,118 > 1,7 = ttabel. Hal ini berarti ada hubungan antara kecerdasan visual-spasial siswa dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Koefisien determinasi r2 diperoleh sebesar 0,5654. Hal ini berarti bahwa kecerdasan visual-spasial memberikan kontribusi sebesar 56,54 % terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar.