Abstrak
ISNAFATIEN PERSSITA, Hubungan antara Kepribadian Introvert dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 111 Jakarta Barat. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kepribadian introvert dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan adalah: terdapat hubungan antara kepribadian introvert dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 111 Jakarta Barat pada bulan Mei 2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dari jumlah 57 siswa yang diambil secara acak. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepribadian introvert dan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Sebelum penelitian dilakukan, diadakan uji coba instrumen penelitian untuk memperoleh keterandalan instrumen. Hasil uji coba validitas tes untuk variabel bebas setelah dianalisis sebanyak 25 butir soal dari 36 butir soal dengan nilai reliabilitas tes ) 822 , 0 ( 11 = r dan untuk variabel terikat didapat validitas tes sebanyak 20 butir soal dari 30 butir soal dengan nilai reliabilitas tes ) 81 , 0 ( 11 = r . Data penelitian dianalisis terlebih dahulu dengan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji liliefors dan uji linearitas dengan menggunakan uji kelinearan regresi. Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas diperoleh ) 30 ; 05 , 0 ( 161 , 0 0736 , 0 L Lhitung = < = dan untuk variabel terikat diperoleh ) 30 ; 05 , 0 ( 1610 , 0 0944 , 0 L Lhitung = < = , maka kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi memiliki persamaan X Y 16 , 0 75 , 0 ? + = . Uji keberartian regresi diperoleh ) 28 , 1 )( 95 , 0 ( 20 , 4 32 , 39 F Fhitung = > = , maka model regresi dinyatakan signifikan. Dan untuk kelinearan regresi diperoleh 54 , 0 = hitung F dan 53 , 4 ) 5 , 23 )( 95 , 0 ( = F , maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan linear antara kedua variabel. Pengujian hipotesis dilakukan dengan korelasi product moment, diperoleh 76 , 0 = hitung r dan kontribusi kepribadian introvert terhadap hasil belajar matematika ditentukan oleh koefisien diterminasi r2 sebesar 0,58 atau 58%. Setelah koefisien korelasi diuji ke dalam uji t-student diperoleh 19 , 6 = hitung t . dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan didapat ( ) 05 , 2 28 ; 975 , 0 2 ; 2 1 1 = = ⎟⎠ ⎞ ⎜⎝ ⎛ − − t t n α . sehingga dapat disimpulkan bahwa ( ) 28 ; 975 , 0 05 , 2 19 , 6 t thitung = > = , maka H0 ditolak yang berarti terdapat hubungan antara kepribadian introvert dengan hasil belajar matematika.