Abstrak
EMIL FEBIYANI SUKMAINDAH : Hubungan Persepsi Siswa terhadap Perhatian Orangtua dengan Hasil belajar Matematika di SDN Kebon Jeruk 01 Pagi Jakarta Barat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara persepsi siswa terhadap perhatian orangtua dengan hasil belajar matematika. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap perhatian orangtua dengan hasil belajar matematika?. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V (lima) SDN Kebon Jeruk 01 Jakarta Barat. pada semester II tahun pelajaran 2007-2008, sampel diambil secara acak sederhana (random sampling) dengan mengambil 30 siswa dari 41 siswa yang berasal dari seluruh siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasi. Variabel bebas (X) adalah persepsi siswa terhadap perhatian orangtua dan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar matematika. Data yang dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji lilliefors, kemudian uji lenearitas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,071 < 0,161 = Ltabel dan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,085 < 0,161 = Ltabel, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linear diperoleh X Y 263 , 0 163 , 8 ? + − = . Uji linearitas diperoleh Fhitung = 1,737 < 2,77 = F(0,95)(18,10), sehingga model regresi adalah linear, artinya terdapat hubungan yang linear dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 46,727 > 4,20 = F(0,95)(1,38), berarti model regresi signifikan. Koefisien korelasi variabel X dan Y yang dihitung dengan analisis korelasi product moment, sehingga memperoleh rxy = 0,7904. Selanjutnya menghitung keberartian korelasi dengan menggunakan uji t, dari rxy = 0,7904 didapat thitung sebesar 6,859 sedangkan ) 2 )( 2 1 1 ( − − n t α dengan taraf signifikansi 05 , 0 adalah 2,04. Hal ini berarti H0 ditolak maka terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa terhadap perhatian orangtua dengan hasil belajar matemtika. Koefisien determinasi 2 r diperoleh sebesar 0,625, hal ini berarti persepsi siswa terhadap perhatian orangtua memberikan kontribusi sebesar 62,5% terhadap hasil belajar, sedangkan 37,5% diberikan kontribusinya oleh faktor lain.