Abstrak
ABSTRAK SRI RAHMAWATI. NIM: 0701057009. Analisis Majas Iklan Komersial serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang jenis-jenis majas yang terdapat dalam iklan komersial .Penelitian ini dilakukan di Jakarta pada bulan Juli 2007. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Objek penelitian ini adalah 21 iklan dari 3 media cetak. Fokus penelitian ini adalah jenis-jenis majas yang terdapat dalam iklan yang diambil dari 3 media cetak. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri dibantu dengan table analisis. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu: mengumpulkan iklan, mengklasifikasikan iklan ke dalam jenis majas yang sama, menganalisis majas dan menghitungnya, dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil analisis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data pada iklan di tiga media cetak, menunjukan majas yang paling tinggi frekuensi pemunculannya adalah majas pertautan sebanyak 14 buah, kemudian majas yang paling rendah frekuensi pemunculannya adalah majas pertentangan sebanyak 6 buah.