Abstrak
ABSTRAK
RENI KIRANA. NIM : 0301055018. Analisis Struktur Frase Nominal Pada Berita Utama Tabloid Nova dan Implikasinya Bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. Jakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2007.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan struktur frase nominal dalam berita utama Tabloid Nova.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah frase nominal berita utama pada Tabloid Nova yang terbit setiap seminggu sekali edisi bulan Agustus 2007 sampai September 2007, yang berjumlah 4 tabloid, yaitu Tabloid Nova No. 1018 / XX yang berjudul ?Ibunda Mayangsari, Jika Mayangsari Jodohnya Mas Bambang, Apa pun yang Akan Terjadi, Mereka Akan Langgeng?, Tabloid Nova No. 1019 / XX yang berjudul ? Wulan Guritno, Rencana Indah Bersama Shallom dan Adilla?, Tabloid Nova No. 1020 / XX yang berjudul ? Curahan Hati Maia Ahmad, Aku sudah Tidak Kuat Lagi? dan Tabloid Nova No. 1021 / XX yang berjudul ? Mieke Amalia, Keluar dari Extravaganza karena Berbadan Dua?. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan tabel analisis yaitu tabel analisis struktur frase nominal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam berita utama Tabloid Nova terdapat penggunaan struktur frase nominal. Dalam truktur frase nominal dalam berita utama Tabloid Nova dapat dilihat dari kalimat berita yang ada dalam berita utama Tabloid Nova tersebut. Struktur frase nominal dapat ditemukan dalam berita utama Tabloid Nova. Struktur frase nominal dalam berita utama Tabloid Nova tersebut memiliki ciri khas susunan frase yang berkategori nomina dan dapat diperluas oleh unsur lain. Nomina dapat diperluas dengan menambahkan unsur ? unsur tertentu. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembalajaran kebahasaan, yaitu mengenai penggunaan struktur frase nominal dalam penyampaian informasi yang terdapat dalam berita utama yang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga dapat dijadikan gambaran bagi siswa dan menambah wawasan pengetahuan siswa tentang struktur frase nominal dan dapat mendiskusikannya