Abstrak
NINDIYARSOADITYAUTAMA. NIM : 0601125165. Hubungan Motivasi BelajardenganHasilBelajarMatematika. Skripsi,Jakarta:ProgramStudi PendidikanMatematika,FakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitas MuhammadiyahProf.DR.Hamka,November 2010. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiterdapatatautidaknyahubungan motivasibelajardenganhasilbelajarmatematikapesertadidik. Hipotesisyang diajukandalampenelitianiniadalah?Terdapathubungan motavsibelajar dengan hasilbelajarmatematikapesertadidik ?. Penelitianini dilaksanakandi SMKAl MafatihJakartabarat padasemestersatu(ganjil) tahunpelajaran2010/2011. Sampeldiambilsecara simplerandomsampling denganmengambil33 peserta didik Penelitianini menggunakanmetode survei denganteknikkorelasi. Instrumen motivasibelajar (variabel X)menggunakan angket denganskalaLikert, sedangkanuntukinstrumen hasilbelajar matematikapeserta didik (variabel Y) menggunakanteshasilbelajar denganbentukpilihanganda(multiplechoice) Sebelumdigunakandalampenelitian,instrumen yangmenggunakan angket diujicobakan kepada33 siswadalampopulasiselainresponden,dan darihasiluji cobadiperoleh31 soal angket 30 validdari45 soal, sedangkaninstrumen hasil belajarmatematikadiujicobakan kepada33siswadandiperoleh25soalyang validdari40 soal.Untukpengujianreliabilitas kuesionerdiujicobakankepada33 siswadandiperolehr11 = 0,878>0,367 = rtabel, sedangkanteshasilbelajar matematika yang diujikankepada33 siswadiperolehr11 = 0,905 >0,367 = rtabel, sehingga tes inireliabeldanlayakdigunakan. nalisisdatadilakukandengan uji kenormalanatauuji lliefors,ujilinieritasdan ikeberartianregresidenganmenggunakananalisisvarian ANAVA).Darihasil pengujiannormalitasuntukdatavariabelXdiperolehLhitung = 0,0686<0,1507 = Ltabel dandatavariabelYdiperolehLhitung = 0,0927 <0,1542 = Ltabel, makadapat disimpulkankeduadatatersebutberdistribusinormal. Hasilperhitunganregresi linierdiperoleh Ŷ = 6,413 + 0,085 X. Untukujikelinieranregresimenghasilkan Fhitung = 0,65 <3,84 = Ftabel sehinggadapatdisimpulkanmodelregresitersebut linier,artinyaterdapathubunganyanglinierdarikeduavariabel.ujikeberartian regresididapatFhitung = 4,46 > 4,16 = Ftabel , maka dapatdisimpulkanmodel regresi signifikan. Pengujianhipotesisdilakukandengananalisis korelasi product moment diperoleh rxy = 0,3546 atau 0 xy r  yangberartiH0 ditolak, makahasil penelitianinidapatdisimpulkanbahwa terdapathubungan yangsignifikanantara motivasibelajardenganhasilbelajarmatematika. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,125741 artinya korelasisangatrendah12,5741% kontribusi motivasi belajardenganhasilbelajarmatematikapesertadidik. iv