Abstrak
RAHMAT. NIM : 0601125099. Hubungan Kemampuan Mengendalikan Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMA Budi Mulia Tangerang. Skripsi, Jakarta : Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, November 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kemampuan mengendalikan diri dengan hasil belajar matematika siswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ?Terdapat hubungan kemampuan mengendalikan diri dengan hasil belajar matematika siswa?. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budi Mulia Tangerang pada semester satu (ganjil) tahun pelajaran 2010/2011. Sampel diambil secara simple random sampling dengan mengambil 35 peserta didik Instrumen yang menggunakan angket diujicobakan kepada 38 siswa dalam populasi selain responden, dan dari hasil uji coba diperoleh 31 item angket valid dari 40item, sedangkan instrumen hasil belajar matematika diujicobakan kepada 38 siswa dan diperoleh 28 soal yang valid dari 40 soal. Untuk pengujian reliabilitas kuesioner diujicobakan kepada 38 siswa dan diperoleh r11 = 0,840 > 0,320 = rtabel, sedangkan tes hasil belajar matematika yang diujikan kepada 38 siswa diperoleh r11 = 0.820 > 0,320 = rtabel, sehingga tes ini reliabel dan layak digunakan. Analisis data dilakukan dengan uji kenormalan atau uji lilliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varian (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk data variabel X diperoleh Lhitung = 0,065 < 0,149 = Ltabel dan data variabel Y diperoleh Lhitung = 0,082 < 0,149 = Ltabel, maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linier diperoleh Ŷ = 8,220 + 0,095 X. Untuk uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 2,688 < 2,748 = Ftabel sehingga dapat disimpulkan model regresi tersebut linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel . Uji keberartian regresi didapat Fhitung = 4,336 > 4,140 = Ftabel , maka dapat disimpulkan model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment diperoleh rxy = 0,34 yang berarti H0 ditolak, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan mengendalikan diri dengan hasil belajar matematika siswa. Karena nilai thitung = 2,078 > 2,034 = tabel t maka hal ini berarti H0 ditolak. Artinya terdapat hubungan yang signifikan (berarti) antara kemampuan mengendalikan diri dengan hasil belajar matematika siswa. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,1161 artinya hanya 11,61 % kontribusi kemampuan mengendalikan diri dengan hasil belajar matematika siswa.