Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kemampuan verbal dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan logika matematika. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini : ?Ada hubungan antara kemampuan verbal dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan logika matematika.? Penelitian ini dilaksanakan di MAN 13 Lenteng Agung Jakarta Selatan kelas X semester II tahun pelajaran 2006/2007. Waktu penelitian adalah pada tanggal 19 ? 28 September 2007. Sampel diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 34 siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan tekhnik korelasi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah kemampuan verbal, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan logika matematika. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan uji Lilliefors serta uji linearitas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,1433 < 0,161 = Ltabel sedangkan untuk variabel terikat Lhitung = 0,1512 < 0,161 = Ltabel , maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan regresi linear diperoleh Ŷ = 1,681+1,087 X. uji linearitas regresi diperoleh Fhitung = 1,122 < 2,41= Ftabel , sehingga dapat disimpulkan model regresi adalah linear, artinya terdapat hubungan yang linear dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 38,645> 4,20 Ftabel , hal ini berarti model regresi signifikan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi product moment, selanjutnya dihitung keberartian korelasi dengan Uji t ? student dari rhitung = 6,222 > ttabel = 2,04 .Hal ini berarti H0 ditolak dan Hi diterima. Maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan verbal dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan logika matematika. Koefisien determinasi r2 diperoleh sebesar 0,590 hal ini berarti kemampuan verbal memberikan kontribusi sebesar 59 % terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan logika matematika. iii