Abstrak
RITA WERDANINGSIH, Hubungan Kemampuan Menentukan FPB dan KPK dengan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Pecahan pada siswa kelas 5 SDN di Jakarta Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta 2007. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan kemampuan menentukan FPB dan KPK dengan hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan Pecahan. Hipotesis penelitian ini terdapat hubungan antara kemampuan menentukan FPB dan KPK dengan hasil belajar Matematika siswa pada pokok bahasan Pecahan. Penelitian ini dilakukan di dua SDN di Kebon Pala Jakarta Timur. Waktu penelitian pada semester dua tahun pelajaran 2006/2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik kolerasi. Sampel yang diteliti sebanyak 40 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes obyektif dengan tipe soal pilihan ganda yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Kemampuan Menentukan FPB dan KPK sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar pecahan. Dari hasil pengolahan data variabel bebas diperoleh skor rata-rata 21,10; simpagan baku 3,48; median 21,17; modus 21,50. Pada variabel terikat diperoleh skor rata-rata 24,10; simpangan baku 5,31; median 24,06; modus 23,70.. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors, uji linieritas dan uji keberartian regresi dengan menggunakan analisis varians (ANAVA). Dari hasil pengujian normalitas untuk variabel bebas didapat Lhitung = 0,1433 dan Ltabel = 0,161 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 30 maka didapat Lhitung < Ltabel berarti variabel bebas berdistribusi normal. Sedangkan untuk variabel terikat didapat Lhitung = 0,1512 dan Ltabel = 0,161 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 30 maka didapat Lhitung < Ltabel berarti variabel terikat berdistribusi normal. Dari hasil perhitungan regresi linier diperoleh model regresi Y = 1,681 + 1,087 X. Dari uji linieritas regresi diperoleh Fhitung = 1,122 < 2,41 = Ftabal, sehingga dapat disimpulkan bahwa model regresi tersebut adalah linier, artinya terdapat hubungan yang linier dari kedua variabel. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung = 38,645 > 4,20 = Ftabel, hal ini berarti model regresi signifikan. Dengan menggunakan rumus korelasi produk moment dari Pearson, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,762 dilanjutkan dengan uji t-student diperoleh thitung = 6,222 > 2,04 = ttabel berarti hubungan signifikan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Kemampuan Menentukan FPB dan KPK dengan hasil belajar Pecahan. Dari perhitungan prosentasi perhitungan dua variabel didapat r2 = 0,580. Berarti hubungan antara Kemampuan Menentukan FPB dan KPK dengan hasil belajar Pecahan adalah sebesar 58 %.